Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Ape Khas Betawi dan Cara Membuatnya yang Mudah - ResepIndonesia

Kue Ape merupakan jajanan khas tradisional Betawi yang paling banyak dicari selain kue pancong, kue cubit, hingga kerak telur Betawi. Biasanya kue satu ini dijual di gerobak yang didorong. Ada dua warna kue ape yang biasanya dijual yaitu warna hijau yang memiliki rasa pandan dan warna putih santan.

Mungkin sekilas mirip dengan serabi, berbentuk bulat dengan tekstur lembut di tengah dengan pinggiran tipis kering dengan aroma pandan dan rasanya yang manis gurih bikin semua orang ingin mencobanya.

Tentang Kue Ape

Anda yang selalu ketagihan kue ape khas betawi ini, beberapa info menarik dari resep kue ape atau serabi orang jakarta bisa anda lihat dibawah ini.

1. Asal Nama Kue Ape

Sebutan kue ape berasal dari cara bicara orang betawi yang kental. Orang tersebut bertanya kepada seseorang yang sedang membuat kue yang juga dikenal dengan sebutan "kue ketek" dalam bahasa pergaulan jakarta.

"Kue ape?" begitu kira-kira pertanyaannya, kata "Ape" dalam bahasa betawi artinya "apa" dalam bahasa Indonesia lafal "A" di akhiri kata ganti "E".

Pertanyaan tersebut pun dijawab dengan "iye, ini kue ape" oleh pembuat kue itu. Sejak saat itulah kue yang lezat ini dinamakan kue ape.

2. Bentuknya Mirip dengan Serabi

Jenis kue ini seringkali disebut dengan serabinya orang Jakarta. Hal ini karena teknik masaknya dan bahan-bahan kue kurang lebih sama dengan kue serabi.

Bedanya kue ini memiliki pinggiran tekstur yang lebih renyah di pinggiranya, sementara serabi cenderung lembut dan padat.

3. Bahan-Bahanya Sangat Sederhana

Membuat kue ape tidaklah sulit, cukup mengandalkan tepung, pandan, vanili, santan dan gula yang dicampur air sehingga mengasilkan adonan yang cair.

Meskipun begitu, membuat kue ape terbilang gampang-gampang susah. Takaran setiap bahan harus pas agar adonan kue tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.

4. Rasa Topping kue yang bervariasi

Awalnya kue ape ini hanya berwarna putih di bagian tengah dan kecoklatan di area pinggir yang garing. Namun agar menarik minat dari pembeli, kini kue apa biasa ditemukan warna hijau pada kue ape yang didapatkan dari daun suji. Aromanyapun semakin menggoda dengan aroma daun pandan yang khas.

Tak jarang penjual kue ape pun banyak yang menggunakan pewarna makanan seperti ungu, merah dan kuning agar kue menjadi lebih menarik.

5. Menjadi Salah satu Street Food di Jakarta dengan harga Murah

Jajanan khas betawi ini sangat mudah ditemukan, biasanya pedagang kue ape ini mangkal di dekat sekolah, pasar hingga pusat perbelanjaan tradisional jakarta.

Harga kue ape sangat terjangkau, sepotong kue ini dipatok mulai dari harga Rp. 1000,- sampai Rp. 1.500,-.

Resep Kue Ape Mudah Dibuat

Anda bisa mencoba membuat ape sendiri dirumah, dilihat dari bahan-bahan dan cara pembuatannya yang tidak sulit mungkin anda bisa praktekan dirumah. Dengan selera anda bisa mengkreasikan kue ape menjadi makanan yang lezat buatan anda.

Dibawah ini beberapa Resep Kue Ape yang bisa anda coba sendiri.

1. Kue Ape Pelangi 

Gambar Kue Ape

Resep Kue Ape Pelangi

  • 500 gr Tepung beras
  • 400 gr gula pasir
  • 950 ml santan kelapa
  • 200 ml air kelapa
  • 6 gr ragi instan
  • 2 gr Vanili bubuk (optional)
  • Pewarna makanan, bisa sesuai selera anda
  • Garam secukupnya

Langkah-langkah membuat Kue Ape Pelangi

  1. Campurkan seluruh bahan dalam wadah bersih, lalu kocok dengan pengocok tangan atau mixer hingga rata.
  2. Pisahkan setiap adonan menjadi beberapa bagian, lalu campurkan denngan pewarna makanan yang ingin anda gunakan.
  3. Diamkan adonan selama kurang lebih satu jam
  4. Masak kue ape diatas wajan kecil berbentuk cekung dan sedikit minyak. Gunakan api kecil.
  5. Tuang adonan di atas wajan kecil tersebut, tambahkan topping seperti keju atau coklat sesuai selera anda. alalu tutup beberapa saat.
  6. Angkat kue ape jika sudah matang, lakukan hal serupa hingga seluruh adonan habis.
  7. Sajikan kue ape Pelangi selagi hangat.


2. Kue Ape Teflon Tanpa Santan, Ragi dan Telur

Gambar Kue Ape

 
Bahan-bahan:

  • 100 gr tepung beras
  • 50 gr tepung terigu
  • 50 gr gula pasir
  • 125 ml air
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuatnya

  1. Campurkan seluruh bahan dalam wadah bersih
  2. Gunakan mixer atau pengocok telur hingga seluruh bahan tercampur rata, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  3. Panaskan wajan anti-lengket yang sudah diolesi sedikit minya diatas api kecil.
  4. Ambil adonan ape dengan centong sayur, cukup gunakan satu centong sayur untuk setiap cetakan kue ape. Tutup wajan untuk sementara waktu agar bagian tengah kue mengembang.
  5. Pada saat adonan kue ape setengah matang, taburkan topping keju atau cokelat diatasnya lalu tutup kembali hingga matang.
  6. Selesai.

Nah itulah beberapa info seputar Kue Ape jajanan khas Betawi dan Resep Kue Ape yang bisa anda buat dirumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya dirumah.