Resep Membuat Mantau

Friday, January 15th 2016. | Kue

resep membuat kue mantau

ResepIndonesia.org – Anda suka dengan kue mantau? Kue satu ini adalah salah satu kue tradisional dari negara tirai bambu alias negara China. Untuk saat ini, kue mantau tidak terlalu sulit ditemukan khususnya di daerah pare-pare. Jika dilihat sekilas, mantau tidak jauh berbeda dengan kue bakpau. Untuk membuat kue mantau, bahan utama yang harus ada adalah tepung terigu. Berikut ini adalah cara membuat mantau dengan beragam isi

Bahan Kue Mantau

500 gram tepung terigu
4 sendok makan gula pasir
1 bungkus ragi instan
0,5 sdt garam
2 sdm mentega putih
250 ml susu cair (bisa diganti dengan 3 sdm susu bubuk/5 sdm susu kental manis yang diencerkan hingga 250 ml larutan)

Cara membuat kue mantau

1.Campur tepung, gula pasir, ragi dan susu cair hingga rata. Kemudian tambahkan garam dan mentega putih. Pencampuran bisa dilakukan dengan tangan ataupun mixer, uleni hingga elastis dibuktikan dengan cara tarik adonan melebar jika tidak putus berarti adonan sudah elastis.

1. Pertama-tama, campur beberapa bahan seperti tepung, ragi, gula pasir dan susu cair hingga merata sepenuhnya. Setelah itu tambahkan garam dan mentega.
2. Adonan yang sudah tercampur biarkan kira-kira 30 menit, hal ini bertujuan agar adonan mengembang.
3. Setelah terlihat mengembang, buang gas yang ada di adonan tersebut dengan cara menekan hingga terlihat kempes.
4. Selanjutnya, buat potongan dari adonan tersebut kira-kira sepanjang 4-5 cm dan jangan terlalu tebal. Setelah itu diamkan adonan yang sudah di potong selama kurang lebih 10 menit.
5. Langkah terakhir, kusus mantau tersebut selama kurang lebih 30 menit

Mantau ini bisa dihidangkan begitu saja, bisa digoreng dulu ataupun diisi. Caranya belah mantau yang sudah dikukus kemudian isi dengan daging giling atau isi dengan coklat meses/ keju parut. Mantau isi daging gilinglah yang lebih saya anjurkan, karena rasanya gurih mantap.

Summary
Recipe Name
Resep Membuat Mantau
Published On
Preparation Time
Cook Time
Average Rating
4 Based on 2 Review(s)
tags: , ,