Nasi Goreng Sederhana Namun Mewah di Lidah

nasi goreng sederhanaNasi Goreng Spesial-Nasi goreng, siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini? Ya pasti semua orang akrab dengannya. Sebenarnya seperti apa sih nasi goreng itu, tuh nasgor sebenernya asli dari indonesiakah atau di tiap negara ada, siapakah penemunya, bagaimana resep awal mulanya, dan bagaimana cara membuat nasi goreng yang enak? Berbagai pertanyaan tersebut mungkin pernah hinggap di benak kita, namun menurut saya gak usah pusing mikirnya (atau gak usah dipikirin, gak ada untungnya-gak keluar di ujian kok hehe-). Paling banter yang bisa kita jawab cuma yang terakhir tadi yaitu gimana bikin nasgor yang uenak, suedep, muantep pool, maknyusss, cespleng nyamleng tenan. Pengin tahu?Yuk kita kupas kulit resepnya bareng-bareng.

Yang pertama harus disiapkan yaitu bahan. Apa saja bahan-bahannya, ini dia bahan untuk satu porsi nasgor:

  1. nasi (sebaiknya yang kering,tidak lembek)
  2. bawang putih 3 siung
  3. bawang merah 5 siung
  4. cabai merah 2 biji (menurut selera)
  5. cabai rawit 2 biji (menurut selera)
  6. kemiri setengah biji
  7. garam 3/4 sendok makan
  8. telur 2 biji
  9. kecap manis
  10. petei (menurut selera)
  11. daging (menurut selera)
  12. ikan asin (menurut selera)
  13. sayuran (bisa kol,atau salad)

Kemudian yang dilakukan selanjutnya adalah membuatnya:
A. Buat racikan bumbunya :
siapkan cobek batu serta ulekannya, masukkan bawang putih terlebih dahulu beserta garam, tumbuk/gerus/uleklah hingga lembut (dikira-kira saja), lalu campurkan bawang merah serta kemiri dan ulek halus, yang terakhir masukkan cabai (menurut selera)
B. Goreng bumbu :
Siapkan penggorengan (biasanya wajan cembung) di atas kompor dengan nyala api kecil/sedang, minyak goreng sedikit saja(kurang lebih 5-7 sendok makan (minyak goreng bisa diganti dengan margarin(merk terserah sesuai selera). Setelah minyak sudah panas, secara perlahan namun pasti=masukkan ulekan bumbu tadi ke wajan/penggorengan, diorek-orek secara merata, segera masukkan telur dan diorek secara merata lagi. Tunggu hingga aroma bumbunya semerbak wangi bumbu. Lalu segera masukkan nasi ke dalamnya dan jangan tunggu lama segera diorek-orek berulang-ulang. Sesuai selera masukkan kecap manis, petei/daging/tempe/yang lainnya.
C. Tiriskan:
Selagi masih di penggorengan, cicipi dahulu nasi goreng kita. Bila dirasa sudah pas enaknya, matikan kompor, diamkan sejenak nasi goreng tersebut di penggorengan (sambil tetap diorek agar tidak lengket ke penggorengan), Lalu tiriskan ke piring. Siapkan cincangan sayur kol atau salad dan taburkan di atas nasi goreng itu. Atau mungkin boleh juga ditambahkan telur goreng sebagai lauk tambahan (meski sesungguhnya di bumbu nasgor tersebut sudah ada telurnya juga).
D. Nasi goreng siap dihidangkan!

<=resep sebelumnya “sosis solo“<=

Leave a Reply