Cara Membuat Bakso

cara membuat baksoBelakangan ini lagi kenceng dibahas bakso halal, karena hampir 50 % bakso yang dijual di pasaran diragukan kehalalannya. Apalagi dengan naiknya harga daging sapi, kita pun jadi kurang yakin apa bakso yang kita santap ni asli daging sapi ato bukan. Begitu juga dengan ane, ibu rumah tangga dengan satu orang anak lelaki yang doyan banget makan bakso. Terkadang jadi kepikiran jangan-jangan bakso yang disantap si ucuk ternyata daging babi. Karena konon katanya daging babi lebih gurih n lebih murah. Masih mending jika bakso palsu yang kujumpai itu bakso ayam, tapi jadi ragu lagi kalo ternyata baksonya dari ayam tiren…waaah…jadi was-was neeh.
Sesekali ane coba bikin bakso sendiri, tapi sekali dua kali ane coba menemui kegagalan. Jadi putus asa. Apalagi modalnya daging sapi yang harganya gak murah. Tekor-tekor nih uang blanja. Tapi diem-diem bapaknya si ucuk alias suami ane tertarik nyobain bikin sendiri penthol baksonya itu. Dan ternyata berhasil lho .waahh, jadi malu. Mosok perempuan kalah ma lelaki..buat kalian kubagi resep dari bapaknya si ucuk ini.cara membuat bakso-1
Step 1.
Siapkan 500 gr daging sapi dan 250 gr daging ayam, jangan lupa dicuci bersih n ditiriskan ya. Setelah itu giling daging sapi dan daging ayamnya mpe lembut.

cara membuat bakso-2 acara membuat bakso-2

Step 2.
Siapkan pula 1,5 sdt baking powder, 3 butir putih telur, 150 gr tepung sagu. Buat bumbunya, haluskan setengah sdt lada dengan 7 siung bawang putih. Tambahkan 1 sdt garam dan kaldu bubuk secukupnya.

cara membuat bakso-3

Step 3.
Campurkan semua bahan secara bergantian satu persatu sambil diuleni hingga tercampur rata. Uleni adonan hingga kalis n tidak lengket di tangan.

cara membuat bakso-4cara membuat bakso-5

Step 4 n step 5.
Siapkan panci dan isi dengan air hingga setengah bagian panci. Nyalakan kompor dan biarkan air hingga panas suam-suam kuku. Setelah itu masukkan butiran bakso ke dalam air. Gunakan api yang kecil. Memasak bakso ini jangan sampai airnya mendidih hingga meletup-letup. Cukup menggunakan air panas sedang saja. Kemudian jika semua bakso sudah dimasukkan ke dalam air panas biarkan hingga bakso mengapung dan air mendidih namun dengan didihan yang kecil. Jika bakso sudah mengapung masak sebentar selama 5 menit.

cara membuat bakso-6
Step 6.
Bakso sudah matang. angkat dan tiriskan. Tuh bakso bunder siap diolah lebih lanjut. Mau disantap langsung bisa juga kok.

sup baksoItu tadi cara membuat penthol bakso. Untuk membuat kuahnya yang gurih ternyata ga sulit kok. Resep cara membuat kuah bakso : siapkan 2 liter air, setengah bagian tulang lutut sapi (tulang kering/tulang kaki), 8 siuang bawang putih yang dihaluskan, setengah sdt lada bubuk n garam secukupnya. Rebus semua bahan jadi satu hingga mendidih. Gampangkan siapkan mangkok, taruh 1 buah tahu, beberapa gelintir mie kuning atau bihun, beberapa butir penthol bakso, beberpa irisan daun sawi, lalu siram deh dengan kuahnya. Taburi seledri yang diiris n bawang merah goreng ..wuihhhh bakso halal siap disantap..mantep kan bakso bikinan sendiri.

Incoming search terms:

  • resep bakso babi
  • cara membuat bakso babi
  • resep bakso
  • cara membuat bakso sapi
  • resep bakso babi kuah
  • resep bakso sapi
  • resep membuat bakso
  • cara buat bakso
  • Cara bikin bakso
  • cara buat bakso babi

Leave a Reply