Cara Membuat Bakso Sapi Lezat Dan Halal

Wednesday, January 20th 2016. | Lauk

cara membuat bakso sapi

ResepIndonesia.org – Belakangan ini lagi kenceng dibahas bakso halal, karena hampir 50 % bakso yang dijual di pasaran diragukan kehalalannya. Apalagi dengan naiknya harga daging sapi, kita pun jadi kurang yakin apa bakso yang kita santap ini asli daging sapi ato bukan.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat bakso sapi yang lezat dan yang pasti halah 100% karena kita sendiri yang akan membuatnya. Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah daging sapi, karena kita akan membuat bakso sapi. Penasaran?

Cara membuat bakso sapi

  • Siapkan 500 gr daging sapi dan 250 gr daging ayam, jangan lupa dicuci bersih n ditiriskan ya. Setelah itu giling daging sapi dan daging ayamnya mpe lembut.
  • Siapkan pula 1,5 sdt baking powder, 3 butir putih telur, 150 gr tepung sagu. Buat bumbunya, haluskan setengah sdt lada dengan 7 siung bawang putih. Tambahkan 1 sdt garam dan kaldu bubuk secukupnya
  • Campurkan semua bahan secara bergantian satu persatu sambil diuleni hingga tercampur rata. Uleni adonan hingga kalis n tidak lengket di tangan.
  • Siapkan panci dan isi dengan air hingga setengah bagian panci. Nyalakan kompor dan biarkan air hingga panas suam-suam kuku. Setelah itu masukkan butiran bakso ke dalam air. Gunakan api yang kecil. Memasak bakso ini jangan sampai airnya mendidih hingga meletup-letup. Cukup menggunakan air panas sedang saja. Kemudian jika semua bakso sudah dimasukkan ke dalam air panas biarkan hingga bakso mengapung dan air mendidih namun dengan didihan yang kecil. Jika bakso sudah mengapung masak sebentar selama 5 menit.
  • Bakso sudah matang. angkat dan tiriskan. Tuh bakso bunder siap diolah lebih lanjut. Mau disantap langsung bisa juga kok.

Itu tadi cara membuat penthol bakso. Untuk membuat kuahnya yang gurih ternyata ga sulit kok. Resep cara membuat kuah bakso sapi: siapkan 2 liter air, setengah bagian tulang lutut sapi (tulang kering/tulang kaki), 8 siuang bawang putih yang dihaluskan, setengah sdt lada bubuk n garam secukupnya. Rebus semua bahan jadi satu hingga mendidih. Gampangkan siapkan mangkok, taruh 1 buah tahu, beberapa gelintir mie kuning atau bihun, beberapa butir penthol bakso, beberpa irisan daun sawi, lalu siram deh dengan kuahnya. Taburi seledri yang diiris n bawang merah goreng … wuihhhh bakso halal siap disantap.

Summary
Recipe Name
Cara Membuat Bakso Sapi Lezat Dan Halal
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
Average Rating
5 Based on 1 Review(s)