Bolu Kukus Mekar

bolu kukus mekarBolu kukus, jajanan pasar yang bikin orang penasaran. Soalnya sering orang bikin masakan kue ini tapi ga bisa mekar kaya kembang alias bantet. Pas pertama bikin kue ini rasanya seneng banget ngeliat kue mekrok alias mekar bak bunga waktu buka tutup panci pengukus. Rasanya sukses nih praktek. Trus jadi ketagihan bikinnya. Dulu pertama bikin ane belum nikah. Nah berhubung sekarang punya anak yang doyan makan, ane jadi sering bikinnya. Resep ini sudah puluhan kali aku praktekan dan ga pernah gagal, asalkan takarannya sesuai. So, aku bagi resep kue enak dan mudah ini buat kamu. Silahkan dicoba.
Cara membuat :
Step 1. Siapkan bahan meliputi : 1/2 kg gula pasir, 4 butir telur, 1/2 kg tepung terigu, 1 sdm ovalet/SP, 1sdt baking powder, 295 ml air soda, beberapa tetes essens pandan dan moka. Jangan lupa siapkan juga cetakan dan kertas roti/cup kue untuk bolu kukus.
Step 2. Campur semua bahan kecuali essensnya ya. Lalu aduk menggunakan mixer hingga putih kaku mengembang. Kurang lebih mixernya selama 15-20 menit ya.
Step 3. Siapkan dandang pengukus lalu panasi. Jangan lupa tutupnya dibungkus kain agar uap airnya tidak menetes ke kue.
Step 4. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Satu bagian beri beberapa tetep essens pandan, aduk rata. Satu bagian lagi beri beberapa tetes essens moka, aduk rata. Satu bagian sisanya biarkan berwarna putih. Sisihkan.
Step 5. Siapkan cetakan yang telah diolesi cup kue, tuang adonan warna putih sepertiga bagian cetakan, lalu tuang diatasnya tipis adonan warna ijo, tuang kembali tipis adonan warna putih, bisa dituang kembali tipis adonan warna ijo hingga cetakan agak penuh. Lakukan yang sama untuk adonan warna coklat/pasta moka.
Step 6. Jika air dalam pengukus sudah mendidih, Kukus adonan yang sudah dituang dalam cetakan selama kurang lebih sepuluh menit dalam dandang yang ditutup rapat. Jika sudah sepuluh menit, bolu sudah jadi. Ini dia Kue bolu kukus yang mekar cantiknya.
step 7. Angkat dan hidangkan. Kue ini awet hingga 3 hari diluar pendingin lho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *